Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama

7/25/2008 | Baca : 21916 | Komentar : 0

Kehamilan adalah hal yang patut disyukuri. Tak heran, bila Ibu seringkali menjalani tahapan demi tahapan kehamilan dengan antusias. Namun saking antusiasnya, tak jarang Ibu salah kiprah dalam menyikapinya.

Karena beranggapan harus memberi makan dua orang (ibu dan janin), Ibu seringkali menambah porsi makan Ibu secara berlebihan, tanpa terlalu memperhatikan kualitas dari makanan itu sendiri. Padahal makan rasional dengan kuantitas dan kualitas yang sama seimbangnya lebih dianjurkan.

Apa yang dimaksud dengan makanan yang seimbang kuantitas dan kualitasnya? Makanan yang seimbang kuantitas maupun kualitasnya adalah makanan yang mencakup semua zat gizi yang dibutuhkan (karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral, serta air) dalam jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan Ibu selama kehamilan.

Maka dari itu, sebelum menentukan pola makan, Ibu perlu memahami dan mengenali terlebih dahulu kondisi tubuh Ibu, serta kebutuhan-kebutuhan Ibu maupun janin dalam kandungan.

Pada kehamilan trimester pertama Ibu masih menyesuaikan diri dengan kehamilannya. Namun sekalipun Ibu mengalami muntah-muntah, sebaiknya Ibu tidak mengurangi porsi dan kualitas makanan, karena apabila pada masa trimester pertama ini Ibu hamil mengalami kekurangan zat gizi tertentu, bukan tak mungkin akan menyebabkan gagalnya pembentukan otak dan organ-organ penting lainnya pada janin, yang bisa menyebabkan cacat bawaan.

Mengingat pentingnya gizi di awal kehamilan, Ibu perlu memasukkan gizi seimbang, seperti kalori, protein, serat, kalsium, zat besi dan air dalam menu sehari-hari. Selain itu, Ibu perlu menambahkan beberapa vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan janin di awal kehidupannya. Apa sajakah itu?
 
Sumber: Buklet Prenagen "Menu Harian untuk Ibu Hamil"

Komentar :

Tidak ada komentar untuk artikel ini




Anda harus login untuk dapat memberi komentar

Login
Banner
Banner
Banner